4 Tips dan Trik Hasil Foto Ala Profesional

Mengoperasikan kamera memang cukup susah. Dengan banyaknya teknik fotografi dan fitur, seorang fotografer yang masih pemula biasanya akan merasa kewalahan, bingung, sampai akhirnya menyerah. Kalau kalian merasa kesulitan menguasai fotografi, maka jangan putus asa dulu ya.

Karena, fotografi memang bukanlah hal yang gampang untuk di kuasai. Kaluan butuh waktu yang cukup banyak, jam terbang, serta latihan untuk bisa jadi seorang fotografer profesional. Namun, kalian tak perlu takut, selain bisa mengikuti kursus fotografi, kalian bisa juga mempelajari tips fotografi yang akan memudahkan kalian menguasai fotografi. Apa saja tips tersebut? yuk simak di bawah ini.

1.Pakai Mode Metering

Mode metering di pakai untuk menyesuaikan cahaya dengan titik tertentu yang kalian mau. Ada3 mode metering yang bisa kalian pakai yaitu spot metering, matrix metering, dan juga center weighted metering.

Matrix metering yang ideal di pakai untuk pemula karena bisa di pakai secara instan terutama di indoor. Kalian bisa pakai mode pengukuran ini untuk mengambil gambar yang secara merata menyala dengan rentang dinamis yang lebih rendah.

2.Pegang Kamera Yang Benar

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah cara kalian memegang kamera. Cara memegang kamera yang benar adalah posisi yang bisa meminimalisir guncangan kamera sehingga terhindar dari hasil foto yang buram.

Saat kamera memotret, shutter atau rana naik dan sensor terisi cahaya. Kalau kalian bergerak saat rana terbuka, maka lampu atau cahaya akan mengotori sensor dan membuat hasil foto jadi buram. Cara meminilaisir hal ini terjadi adalah dengan mendekatkan lengan ke tubuh kalian supaya stabil.

Hal ini bisa mengurangi guncangan dan mendapatkan hasil yang setajam mungkin. Tentu saja kalian bisa juga pakai bantuan tripod kalau kalian mau mengambil pemotretan long exposure.

3.Ganti Perspektif

Mengambil foto dari ketinggian memang sudah sangat biasa dan membosankan. Karena hampir tiap orang melihat lingkungan serta sekitarnya dengan sudut pandang ini. nah, dengan adanya perspektif yang bervariasi, maka hasil foto kalian pasti jadi tak membosankan.

Kalian bisa coba bereksperimen dari tiga perspektif yaitu dengan cara mengubah ketinggian kalian. Misalnya kalian bisa mengambil gambar dari atas atau lebih dekat ke tanah. Lalu, dengan mengubah sudut seperti lurus ke atas atau miring dari samping supaya bisa memberikan dimensi yang berbeda di bandingkan biasanya.

Lalu bisa juga dengan mengubah jarak yang lebih jauh atau lebih dekat. Dengan memakai ketiga metode perspektif ini, kalian pasti akan kaget dengan hasilnya yang lebih tajam dan lebih intens.

4.Perhatikan Komposisi

Komposisi merupakan fitur hadiah untuk kamera. Namun sayang, ada banyak amatir yang tak memperhatikan komposisi sehingga Cuma bisa mengambil hasil yang baik dari kebetulan saja. Namun, begitu kalian benar – benar paham komposisi, maka kalian akan selalu mendapatkan bidikan foto yang memuaskan.

Cara untuk memakai komposisi sebenarnya sangat gampang. Dengan membagi layar kamera kalian jadi 3 memakai dua garis vertikal dan dua garis horizontal serta menempatkan elemen – elemen menarik pada salah satu dari empat persimpangan.

Pemakaian garis – garis atau yang di sebut dengan rule of third akan sangat membantu kalian dalam teknik fotografi landscape.

Itulah beberapa tips menghasilkan hasil jepretan foto ala profesional yang bisa kalian coba terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.