5 Tips Foto Bagus di Pantai Untuk Pemula

Memotret pemandangan pantai tentunya sangat menyenangkan, namun pasti sedikit dari Anda yang bertanya-tanya mengapa pemandangan pantai bisa terlihat sangat indah di mata sementara gagal saat kita potret.

Butuh berkali-kali percobaan untuk mengambil gambar pantai yang disukai. Nah, berikut ini adalah tips foto bagus di pantai untuk pemula, simak berikut.

1. Mencari Foreground

Mungkin, jika memang tidak ada sesuatu yang tidak biasa di langit seperti sambaran petir atau awan besar, mungkin saja langit-langit ini tidak menjadi subjek utama Anda dalam sebuah foto.

Dibandingkan Anda mengambil langit sebagai subjenknya, lebih baik jika langit melengkapi subjek Anda daripada menjadi subjek utama Anda.

Di pantai, latar depan paling umum yang akan Anda temukan adalah bebatuan, pola di pasir, bahkan pola di air.

Tetapi, jika di pola pasir dan air mmepunyai beberapa detail yang sangat menarik, pola-pola itu mungkin tidaklah cukup untuk membuat subjek yang kuat.

Jadi, cobalah untuk menembak foto ke arah laut dengan latar depan yang menarik.

2. Tunggu Gumpalan Awan

Hari yang indah dan cerah di tanpa adanya awan di langit mungkin memang terdengar unik, namun seringkali tidak menarik saat di foto. Semakin menarik bentuk awan yang berdatangan, semakin menarik pula foto pantai Anda.

Langit seringkali memberikan peran penting dalam segala jenis fotografi landscape, namun efeknya ditekankan dengan objek pantai, yang dimana pada biasanya tidak ada hutan lebat ataupun gunung tinggi yang menghalangi langit.

Maka dari itu, langit biru polos bisa sangat memukau dalam foto objek pantai dikarenakan area besar dari ruang negatif. Awan memberikan peran penting dalam skenario seperti ruang negatif untuk menguranginya dalam komposisi yang tidak biasa.

3. Buka Manual

Faktanya, memotret dalam prioritas apertur dengan ISO Otomatis untuk 99% fotografi satwa liar menurut para professional cukup membantu dalam memberikan foto yang maksimal.

Namun, pemandangan di pantai juga merupakan permainan yang berbeda sama sekali, yang dimana ISO Otomatis dan mengatur ISO bisa diatur secara manual ke nilai dasar dan filter polarisasi yang di tumpuk bisa memotong cahaya.

Situasi ini dapat dengan mudah mengukur kamera, yang dimana setelah mengatur ISO 100 dasar, Anda bisa menyusun gambar secara manual memfokuskan pada objek apa pun.

4. Perhatikan Matahari

Saat matahari masuk ke bingkai Anda, menyeimbangkan eksposur pada foto menjadi jauh lebih sulit, karena Anda hanya akan berakhir dengan sepetak sorotan yang meledak di sekitar matahari.

Terutama, masalah dalam fotografi pantai yang memiliki sinar matahari yang terik dan dapat memantulkan lautan berkali-kali sehingga membuat foto Anda terlalu kacau.

Hal ini bukan berarti Anda harus menghindari matahari dalam foto pantai Anda, namun Anda harus berhati-hati.

Anda juga bisa mencoba memotret pada waktu yang berbeda saat matahari berada di belakang Anda seperti pagi atau sore hari.

5. Gunakan Eksposur Panjang

Sebagian besar, fotografer satwa liar mencari bokeh yang lembut karena keburaman menghilangkan gangguan di latar belakang dan membuat subjek lebih menonjol.

Maka dari itu, tak hanya foto lapangan yang dangkal, Anda pun bisa menggunakan gerakan kabur untuk mengisi peran serupa.

Anda hanya perlu mengarahkan air yang bergerak dan menggunakan eksposur yang cukup lama untuk mendapatkan blur di pantai.

Nah, itulah 5 tips foto bagus di pantai untuk pemula. Gimana? Apakah kalian sudah ada gambaran untuk mengambil foto di pantai saat berwisata esok hari? semoga bermanfaat.