5 Tips Foto Aesthetic Cukup Dengan Handphone

Siapa nih yang suka foto-foto? Tentunya foto aesthetic bisa kita dapatkan dengan HP biasa tanpa menggunakan kamera DSLR.

Walaupun menggunakan kamera hasilnya akan tampak lebih bagus, tetapi menggunakan HP biasa juga bisa mendapatkan hasil foto yang aesthetic loh.

Mungkin beberapa dari kita merasa bahwa mustahil bisa mendapatkan hasil foto yang bagus tanpa menggunakan kamera yang bagus pula. Mau tau caranya? Simak berikut!

1. Gunakan Pencahayaan Alami

Sering sekali kita lihat foto-foto aesthetic yang pencahayaannya dari sinar matahari. Mengapa begitu? Sebab, pencahayaan yang alami adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan sebelum mengambil foto.

Pencahayaan yang alami akan memberikan hasil yang alami dan aesthetic pula serta warna yang terlihat lebih cemerlang.

Biasanya sekitar jam 9 pagi atau sore sebelum matahari terbenam adalah saat-saat yang tepat untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang alami.

Pencahayaan akan jauh lebih bagus dibandingkan kalian yang masih menggunakan fitur flash yang ada pada handphone kalian.

2. Komposisi Warna

Warna yang cerah dan netral merupakan unsur yang sangat bagus untuk mendapatkan foto yang aesthetic. Biasanya warna cerah akan memberikan energi dan netral memberi kesan yang natural dalam sebuah foto.

Bahkan foto bangunan aneh saja bisa terlihat aesthetic dengan adanya komposisi warna yang tepat. Kombinasikan warna yang pas dengan mood kamu dengan foto yang kamu ambil seperti warna hangat, netral, ataupun dingin.

3. Angle yang Tepat

Mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui apa itu angle. Angle adalah posisi bagaimana kita mengambil foto atau sudut pandang. Angle yang tepat pastinya akan memberikan hasil yang maksimal pula dibandingkan dengan kalian yang mengambil foto secara acak.

Objek yang jauh, besar, dekat, dan kecil memberikan perspektif yang berbeda-beda dari setiap sudut pandangnya. Proses mendapatkan angle yang pas memang agak lama, kalian harus bereksperimen sendiri dari berbagai macam angle.

Mungkin, HP dengan kamera-wide angle akan membantu kamu yang ingin foto pemandangan aesthetic, sedangkan untuk foto yang berada di tempat luas gunakanlah angle yang lebih rendah sehingga dapat memfokuskan objek.

4. Memainkan Kontras

Elemen kontras ini bisa memberikan sentuhan kedalam foto kamu dan dapat menarik perhatian bagi mereka yang melihatnya.

Warna yang berlawanan akan menciptakan ketegangan visual, sehingga hal ini membuat foto kamu menjadi lebih menarik dan berkesan.

Contohnya kamu bisa memainkan kontras pada objek yang bersih dan kotor dengan pengambilan warna terang dan gelap, sehingga hal ini akan membuat objek yang bersih dan kotor tersebut lebih mencolok.

Objek yang terlihat lebih mencolok pun juga akan menciptakan visual yang memanjakan mata mereka yang melihatnya. Gaya, objek, dan emosi yang kontras juga akan membuat foto kamu terlihat lebih hidup.

5. Perhatikan Detail Foto

Poin yang satu ini sangat mempengaruhi hasil foto yang aesthetic, yang dimana cara berpakaian, objek, hingga lokasi pemrotetan sangatlah penting.

Gaya, perilaku, serta lingkungan sekitar yang kamu foto akan menyampaikan pesan yang sesuai dengan foto aesthetic jika kamu memperhatikan dan menyocokkan maksud dari apa yang kamu foto.

Perasaan yang ingin kamu tuai pun akan membuat foto tersebut terlihat lebih memiliki makna. Seperti contoh, kamu yang mengambil foto aesthetic minimalis, pastel, hitam putih, dan masih banyak lainnya.

Nah, sekian diatas adalah 5 tips mengambil foto yang aesthetic hanya cukup dengan handphone. Siapapun bisa mendapatkan foto yang aesthetic atau bahkan pemula dengan HP minimalis sekalipun.